Selasa, 03 Januari 2012

MarvinSketch untuk Pengajaran Kimia

Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari MarvinSketch untuk pengajaran kimia. Gambar dan animasi molekul dapat dibuat dengan mudah. Selanjutnya dapat disisipkan dalam media pembelajaran kimia. Tutorial berupa video untuk mengefektifkan MarvinSkecth dapat dilihat atau diunduh dari sini. MarvinSketch adalah software kimia hanya untuk visualisasi rumus struktur kimia yang gratis, bisa dijalankan di sistem operasi Windows dan Linux juga MacOS. Mau mencicipinya silahkan unduh dari web ChemAxon ini.
Ilustrasi Tampilan MarvinSketch 5.3.8
Jika terbiasa dengan ChemDraw kita bisa mengkonfigurasinya dengan model tampilan menu dan tool menjadi seperti ChemDraw. Untuk itu bisa dilakukan dengan klik View-Configuration-pilih tampilan yang diinginkan.
Manual atau cara penggunaan MarvinSketch dapat dilihat dari situs resminya dari sini. Selain itu dapat juga dipelajari lebih lanjut setelah kita mengunduh dan memasangnya di komputer kita, karena ada menu Help yang dapat digunakan untuk memahami teknis penggunaannya.
Jika masih kurang paham juga kita bisa mengajukan pertayaan di forum resminya di sini. Silahkan register terlebih dahulu kemudian ajukan pertanyaan. Tidak lama akan banyak yang memberikan jawaban dan penyelesaian atas masalah yang ingin kita pecahkan.
Eksplorasi lebih lanjut dari MarvinSketch ini dapat dimanfaatkan untuk pengolahan beberapa data-data kimia. Memang dalam setiap software semacam ini kebanyakab sangat membantu para kimiawan yang bergelut dalam bidang kimia organik. Namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh cabang kimia lainnya.
Untuk pembelajaran kimia di tingkat sma keberadaan software semacam ini sangat membantu guru dalam memvisualkan struktur molekul dari sebuah senyawa. Visualisasi ini dapat dibuat 3 dimensi dapat diputar serta menunjukkan sifat fisika dari molekul.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar